Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/08/cara-membuat-link-bergoyang-di-blog.html#ixzz28ZswvQxZ

Kamis, 11 Agustus 2016

Alasan Mengapa Berpindah Tempat saat Shalat Sunat


Assalmu alaikum guys, apa kabar kalian ?? semoga diberi kesehatan selalu ya.  kalian tahu tidak alasan kenapa orang-orang yang pada sholat di masjid atau musholla akan bergeser tempat atau berpindah tempat pada saat sholat sunat.  misalnya pas sholat Maghrib, setelah selesei sholat maghrib dan berdoa mereka langsung cuss ambil sajadah mereka dan menggelarnya ditempat yang berbeda dan melanjutkan dengan sholat sunat ba'diyah.  Hal ini menjadi sebuah tanda tanya besar gue selama ini, dan selama 19 tahun saya tidak mengetahui alasan mengapa orang-orang melakukan hal itu.  karena setiap gue tanya temen-temen, mereka pada gak tahu, dan anehnya mereka melakukan hal itu tanpa tahu alasannya dan hanya ikut-ikutan ajah.
setelah gue searching di internet, ternyata ada maksud dari semua itu lo... lu tau gak, bumi dan langit ini nantinya akan menjadi saksi atas apa saja perbuatan yang kita lakukan selama di dunia, baik itu baik ataupun buruk
Makna ini sebagaimana yang diisyaratkan oleh asy-Syaukani dalam Nailul Authar. Beliau menyatakan:
والعلة في ذلك تكثير مواضع العبادة كما قال البخاري والبغوي لأن مواضع السجود تشهد له كما في قوله تعالى ( يومئذ تحدث أخبارها) أي تخبر بما عمل عليها
Alasan dianjurkannya pindah tempat ketika shalat sunah adalah memperbanyak tempat pelaksanaan ibadah. Sebagaimana yang dinyatakan oleh Bukhari dan al-Baghawi. Karena tempat yang digunakan untuk sujud, akan menjadi saksi baginya, sebagaimana Allah berfirman,
يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
Pada hari itu bumi menceritakan beritanya.”
Maksudnya adalah mengabarkan semua amalan yang dilakukan di atas bumi. (Nailul Authar, 3:235).
Nah loh, jadi biar banyak tempat dimana kita berbuat kebaikan gitu.  Dan ada alasan lain juga, yakni untuk memisahkan sholat wajib dan sunah, dan membedakan ibadah yang satu dengan ibadah yang lain.  

Tapi guys for your information ajah, meski hal ini dianjurkan atau mustahab, yakni hal yang sebaiknya dilakuin, (bukan HARUS atau WAJIB) kalo tempatnya tidak memungkinkan untuk berpindah, ya gapapa juga gak pindah. Misalnya pengalaman gue pas sholat di musholla Mall yang sempit dan banyak orang yang sholat sehingga tidak memungkinkan untuk bergeser pada saat shalat sunat ya gapapa sholat sunat ditempat sholat fardlu tadi. 

Tapi gue punya tips nya nih, kalo sholatnya misalnya sebelahan sama temen lo, bisa ajah minta tuker tempat, jadi sholat sunahnya bisa berpindah tempat deh.  jadi tempat-tempat yang lo lakuin ibadah ntar bakalan jadi saksi buat lo, apa saja ibadah yang udah lo lakuin selama didunia.  semakin banyak semakin baik ya.  

Nah, gitu ajah informasi yang bisa gue sampaikan semoga bermanfaat ya, dan lakuin ibadah sebanyak mungkin untuk bekal ntar di akherat ya guys.  Wassalamu alaikum.
 

Sumber: 

1 komentar:

  1. Pernah dengar dari seseorang, itu tempat akan jadi saksi buat kita di akhirat kelak

    BalasHapus